Kelas Eksekutif (Lulusan SMA/SMK/Sederajat)

 

Deskripsi

Program Studi Manajemen Universitas Pertamina mendidik dan mendorong setiap mahasiswa untuk dapat menggunakan kompetensi, keterampilan, dan pengetahuan terbaru sehingga nantinya menjadi lulusan yang berkarakter dan bertanggung jawab di segala bidang, khususnya di bidang teknologi dan bisnis energi.

Sistem pembelajaran problem based learning diterapkan untuk memberikan pemahaman yang lebih aplikatif agar menjadi lulusan yang memiliki pola pikir yang kritis, kreatif dan inovatif. Selain itu, mengimplementasikan sistem pembelajaran project integrated learning yang mengintegrasikan proses pembelajaran teori di kelas dengan praktik di lapangan kerja melalui keterlibatan mahasiswa pada dunia praktis dengan melakukan kerja praktik ataupun magang, pelaksanaan mata kuliah proyek penciptaan bisnis dan proyek bisnis sosial.

Keunggulan

  1. Real Business Simulation. Dunia saat ini membutuhkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dan juga semangat kewirausahaan agar dapat membantu menggerakan perekonomian negara menjadi lebih baik. Hal tersebut diharapkan dapat dicapai melalui sistem pembelajaran project-based learning yang meliputi perencanaan hingga proses implementasi bisnis secara nyata
  2. Kedekatan dengan Industri. Program Studi (Prodi) Manajemen dengan berbasiskan work-integrated learning dapat memberikan kesempatan dan pengalaman kerja magang di berbagai industri dan perusahaan, khususnya di Pertamina dan seluruh anak perusahaanya.
  3. Pengajar Berdedikasi dan Berpengalaman. Proses pendidikan dan pengajaran didukung oleh tim pengajar bergelar Magister atau Doktor lulusan universitas terbaik dari dalam dan luar negeri. Selain itu, mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pertamina mendapatkan pengetahuan bisnis dan manajemen terkini dari pengajar kalangan eksekutif yang berasal dari berbagai korporasi dan industri, khususnya dari Pertamina Group.
  4. Lokasi Strategis. Program Studi Manajemen Universitas Pertamina terletak di salah satu area hijau dan strategis wilayah DKI Jakarta. Lokasi kampus dapat diakses dengan mudah menggunakan berbagai moda transportasi.
  5. Fasilitas Lengkap. Program Studi Manajemen Universitas Pertamina memiliki beberapa fasilitas pendukung pendidikan diantaranya Galeri Investasi dan Laboratorium Pengembangan Bisnis dan Penelitian Ekonomi sehingga mahasiswa dapat mempraktikan pengetahuan manajemen bisnis secara rill. khususnya di bidang keuangan dan investasi. Selain itu, memberikan akses data ekonomi terlengkap dan gratis bagi seluruh mahasiswa guna mendukung kegiatan pengembangan bisnis rintisan dan penelitian ekonomi.

Deskripsi Mata Kuliah

Program Studi Manajemen Universitas Pertamina memiliki beberapa mata kuliah kekhasan yang tidak dimiliki universitas lain, diantaranya: Berpikir Kritis; Berpikir Solusi Kreatif; Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi; Bisnis Energi Baru dan Terbarukan; Pembangunan Berkelanjutan; serta mata kuliah utama dan konsentrasinya.

Konsentrasi/Peminatan

Mata kuliah utama di Prodi Manajemen (S1) membahas konsep dasar tentang manajemen dan bisnis. Sedangkan untuk mata kuliah konsentrasi disesuaikan dengan minat pada beberapa fungsi manajemen, diantaranya:

  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran

Proyeksi Lulusan

Lulusan Prodi Manajemen Universitas Pertamina dapat berkarir dan berkarya sebagai Dosen, Peneliti, Pengusaha, Bankir, Konsultasn Manajemen dan Bisnis, Manajer Sumber Daya Manusia, Keuangan, Bidang Pemasaran dan Operasional di perusahaan swasta nasional dan internasiona, BUMN (Badan Usaha Milik Negera) di berbagai sektor serta dapat menjadi pegawai di berbagai lembaga negara.

Jalur Seleksi

Seleksi mahasiswa baru Program Sarjana (S1) Kelas Eksekutif ialah melalui jalur Seleksi Nilai Rapor (Tanpa Tes) dengan melampirkan ijazah atau Surat Keterangan Lulus dan Nilai Rapor Semester 1 s.d 5 saat pendaftaran.

Waktu Perkuliahan

Masa studi Program Sarjana (S1) Manajemen Kelas Eksekutif dapat ditempuh selama 4 (Empat) Semester dan waktu perkuliahan akan dilaksanakan pada:

  • Hari Senin - Jumat Mulai Pukul 18.30 - 21.30 WIB.
  • Hari Sabtu Mulai Pukul 08.00 - 12.00 WIB.
  • Kegiatan Perkuliahan Dilaksanakan secara Hybrid (Luring dan Daring).

Syarat Pendaftaran

  • Pendaftar merupakan lulusan Siswa/i SMA/SMK/MA/Sederajat yang dibuktikan dengan Ijazah/Surat Keterangan Lulus dan Nilai Rapor (Tidak ada batasan tahun lulusan).
  • Mengikuti seleksi Nilai Rapor dan membayar Biaya Pendaftaran Kelas Eksekutif sebesar Rp 300.000.

Prosedur Pendaftaran

  • Mendaftar online di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id.
  • Pendaftar mendapat email konfirmasi pendaftaran disertai informasi pembayaran.
  • Membayar biaya pendaftaran melalui Teller/Mbanking/ATM/ ke nomor VA.
  • Menerima email konfirmasi pembayaran disertai akun login pengisian data diri.
  • Pengisian data diri di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id.
  • Setelah data diri lengkap, pendaftar mencetak kartu peserta.
  • Pengumuman hasil kelulusan pada H+7 setelah periode pendaftaran.

Biaya Pendidikan

Biaya Pendidikan meliputi Biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan satu kali dan Biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) yang dibayarkan setiap semester.

  • Biaya SPI Rp 14.500.000 (satu kali)
  • Biaya SPP Rp 10.500.000 (setiap semester)

Biaya Pendidikan SPI dan SPP dapat dilakukan pembayaran secara diangsur dengan ketentuan Biaya SPI dapat diangsur selama 7 (tujuh) semester dan Biaya SPP dapat diangsur setiap bulan selama 1 (satu) semester berjalan. Adapun skema angsurannya sebagai berikut:

  • Biaya SPI Rp 2.500.000 (setiap semester)
  • Biaya SPP Rp 2.000.000 (setiap bulan)

Yuk, Mulai Daftarkan Diri dan Gapai Mimpi besarmu !