FAQ

Bagi peserta yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Pertamina namun batal mengikuti seleksi, maka biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Pengunduran Diri Reguler

Peserta yang telah dinyatakan lulus pada seleksi mahasiswa baru Universitas Pertamina dapat mengundurkan diri dengan menyampaikan surat pengajuan pengunduran diri

Pengunduran Diri dengan Pengembalian Uang

Biaya registrasi dapat dikembalikan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa baru diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Jalur Seleksi SNMPTN atau SBMPTN dikembalikan SPP 100% dan SPI 70%. Batas waktu pengajuan pengunduran diri dan pengembalian dana adalah H+7 setelah pengumuman SBMPTN 2022.
  2. Mahasiswa baru diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur seleksi mandiri (SM) dikembalikan SPP 100% dan SPI 50%. Batas waktu pengajuan pengunduran diri dan pengembalian dana adalah H+7 setelah pengumuman Seleksi Mandiri PTN yang dituju.
  3. Mahasiswa baru diterima di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tidak ada pengembalian biaya.
  4. Pengunduran diri dengan pengembalian biaya tidak berlaku bagi yang mengajukan cicilan.

Berkas-berkas persyaratan pengajuan pengunduran diri dengan pengembalian adalah:

    • Formulir Pengunduran Diri (dapat diunduh di link: https://bit.ly/FormulirPengunduranDiri2022).
    • Kartu peserta Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Pertamina Tahun 2022.
    • Bukti pembayaran biaya SPI-SPP Universitas Pertamina (bukti pembayaran dari bank maupun email yang dikirim oleh pmb@universitaspertamina.ac.id)
    • Fotokopi halaman depan buku tabungan (yang digunakan untuk melakukan pembayaran biaya SPI-SPP, atau yang digunakan untuk menerima pengembalian uang).
    • Bukti kelulusan pada SNMPTN atau SBMPTN 2022 (full page dari laman resmi SNMPTN atau SBMPTN 2022 dan terdapat barcode yang dapat di-scan).
    • Mekanisme Pengajuan Pengunduran Diri dan pengembalian dana : Seluruh berkas-berkas persyaratan pengajuan pengunduran diri harap di-scan (bukan foto) dalam bentuk (.pdf) dalam satu file, kemudian dikirim ke alamat email : (pmb@universitaspertamina.ac.id) dengan subjek :

[SMB 2022– PENGUNDURAN DIRI – NAMA LENGKAP – NOMOR PENDAFTARAN – NOMOR TES – PROGRAM STUDI].

Ketentuan Lainnya

Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Pertamina Tahun 2022, pengunduran diri hanya bisa diajukan apabila peserta tersebut diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN atau Seleksi Mandiri PTN dan sudah membayar lunas biaya SPI dan SPP (bukan masih mencicil). Kelulusan peserta pada institusi lain seperti kelulusan pada Sekolah Kedinasan, Beasiswa Perusahaan, Sekolah Luar Negeri, maka pengunduran diri dengan pengembalian uang tidak dapat kami proses. Selain itu, berkas fisik silakan dikirim (melalui jasa ekspedisi) ke alamat kantor Universitas Pertamina, dengan alamat:

Ditujukan: Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Pertamina

Alamat: Kampus Universitas Pertamina Jalan Teuku Nyak Arief, Simprug, RT. 07 RW. 08, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12220

Mahasiswa yang sudah berstatus lulus tahap akhir sesuai jalur masuk yang diikuti kemudian ingin melakukan pengajuan cicilan, dapat mengunduh template berkas pengajuan cicilan, mengisi data yang diperlukan kemudian mengirimkan dokumen tersebut pada link berikut Klik Disini

Sanksi bila tidak melakukan registrasi Administrasi :

  1. Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi administrasi pada semester Ganjil T.A. 2019/2020 dinyatakan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Universitas PMB Pertamina dan tidak diperkenankan melakukan kegiatan akademik dan kemahasiswaan pada semester tersebut.
  2. Bagi Mahasiswa yang telah melakukan registrasi administrasi (membayar SPP) tetapi ternyata secara akademik tidak memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studinya, maka biaya SPP yang dibayarkan pada semester Genap T.A. 2019/2020 akan dikembalikan.
  3. Mahasiswa yang terlambat atau tidak melaksanakan registrasi administrasi disarankan segera mengajukan permohonan cuti akademik secara online.
  4. Mahasiswa Universitas PMB Pertamina yang tidak terdaftar lebih dari 2 (dua) semester kumulatif dan berturut-turut, dinyatakan putus kuliah (drop out).

Silakan membuka link: https://pmb.universitaspertamina.ac.id

Mahasiswa yang memilik prestasi akademik memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa, baik dari kalangan yang mampu maupun tidak mampu. Mahasiswa boleh memilih salah satu dari sekian banyak beasiswa yang telah ditawarkan. Jika sudah mengambil beasiswa yang telah diinginkan, mahasiswa tersebut tidak diperkenankan untuk mengambil beasiswa yang berbeda. Informasi selengkapnya mengenai beasiswa dapat diakses di laman: https://pmb.universitaspertamina.ac.id/beasiswa

Anda dapat menghubungi bagian administrasi program studi untuk mendapatkan solusi.

Periode pembayaran biaya SPI dan SPP bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus dikirimkan melalui email pmb@universitaspertamina.ac.id atau pmb@official.universitaspertamina.ac.id. Jika pada periode yang sudah ditentukan, calon mahasiswa baru tidak melakukan pembayaran biaya SPI dan SPP maka dianggap mengundurkan diri.

Biaya kuliah jalur mandiri dapat diakses di laman: https://pmb.universitaspertamina.ac.id/informasi/biaya-pendidikan

Yuk, Mulai Daftarkan Diri dan Gapai Mimpi besarmu !